Wednesday 1 June 2016

Letak Kota Sorong


GEOGRAFIS
Kota Sorong terletak pada koordinat 131 0 51ͬ’ BT dan 0 0 54’ LS dengan luas 1.105 Km, ketinggian 3 meter dari permukaan laut dan suhu udara minimum di Kota Sorong sekitar 23,1˚C dan suhu udara maksimum di Sorong sekitar 33,7˚C. Curah hujan tercatat 2.911 mm. Curah hujan cukup merata sepanjang tahun. Tidak terdapat bulan tanpa hujan, banyaknya hari hujan setiap bulan antara 9 – 27 hari. Kelembaban udara rata-rata tercatat 84 %.

Luas Dan Batas Wilayah Administratif
Kota Sorong memiliki luas 1.105 km 2 dengan batas-batas geografis sebagai berikut :
Batas-batas geografis Kota Sorong adalah sebagai berikut :
– Sebelah Barat
Berbatasan dengan Selat Dampir, Kabupaten Raja Ampat
– Sebelah Utara
Berbatasan dengan Distrik Makbon, Kabupaten Sorong
– Sebelah Timur
Berbatasan dengan Distrik Makbon, Kabupaten Sorong
– Sebelah Selatan
Berbatasan dengan Distrik Aimas dan Distrik Salawati Kabupaten Sorong.

Kondisi Topografi
Keadaan topografi Kota Sorong terdiri dari pegunungan, lereng, bukit–bukit dan sebagian adalah dataran rendah, sebelah timur dikelilingi hutan lebat yang merupakan hutan lindung dan hutan wisata.

Kondisi Demografi .

Jumlah penduduk Kota Sorong berdasarkan pencatatan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Sorong per September 2014 sebanyak 349.041 jiwa dengan jumlah penduduk laki – laki sebanyak 185.403 jiwa dan jumlah penduduk perempuan sebanyak 163.638 jiwa dengan kepadatan penduduk 316/km². Dari segi etnis penduduk Kota Sorong bersifat heterogen yaitu terdiri dari etnis papua dan pendatang dari luar Provinsi Papua Barat.

No comments:

Post a Comment